Headlines News :

Home » , , , » Sekolah Di Insan Kamil Kota Bima

Sekolah Di Insan Kamil Kota Bima

Written By Cerita Ayah on 22 Des 2011 | 12.31


Kota Bima_ Kegiatan Ektrakulikuler TKIT Insan Kamil di ASI Mbojo
Insan Kamil adalah nama sebuah Sekolah Islam Terpadu di Kota Bima. Insan Kamil menyelenggarakan pendidikan Taman Kanak-Kanan Islam terpadu (TKIT) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Insan kamil merupakan salah satu sekolah dengan sebagai anggota jaringan Sekolah Islam Terpadu diseluruh Indonesia. Sebagai orang tua, menyekolahkan anak di Insan kamil adalah suatu kebanggaan. Sebagai orang tua, anak yang dititipkan sekolah di Insan Kamil sangat di perhatikan oleh gurunya. Sekolah dimulai jam 07.15 wita, tapi para gurunya (biasanya di panggil Ustadz/Ustadzah) sudah menunggu di pintu gerbang sejak jam 06.30 wita. Saat masih TK, anak Insan kamil biasanya sudah hafal beberapa ayak-ayat pendek dan hadist nabi. Terutama tentang keseharian. Orang tua akan malu saat marah lalu diingatkan oleh anaknya dengan sebuah hadist : "La taghdob walakal jannah" (jangan kamu marah surga untukmu). Dan banyak hal positif lainnya.

TKIT Insan Kamil Kota Bima
Saat SD, pendidikan yang dilakukan Insan Kamil terkadang membuat orang tua geleng-geleng kepala. Sempat setahun bagi kelas 1 masuk mulai jam 07.15, pulangnya jam 14.00 wita. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan sekolah umum lain yang biasanya kelas 1 sekolah sampai jam 9 atau jam 10.
Kalau urusan bimbingan akhlak dan aqidah kiranya tidak ada yang perlu diragukan. Acara mengaji dan sholat dhuhur setiap hari, sholat dhuha tiap sabtu atau kegiatan pembuka dan penutup pelajaran yang memakan waktu lebih kurang 30 menit diisi dengan doa dan pelajaran kebaikan lainnya. Untuk pelajaran umum, Pelajaran matematika, bahasa inggris, sains dan lain-lain, sungguh sangat maju untuk anak seusianya. Dengan 2 orang guru untuk maksimal 25 anak setiap kelasnya membuat setiap anak tetap mendapat perhatian dan pantauan. Bagi anak-anak yang tidak masuk karena ijin atau bahkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler harus mengerjakan tugas sebagaimana yang diajarkan/dilakukan oleh teman-temannya selama dia tidak masuk.
Suatu ketika, saat berdiskusi dengan seorang tua murid Insan Kamil juga mengatakan, “seandainya mampu dan bisa, saya pengen punya anak ulang, agar bisa disekolahkan di Insan Kamil”. Kiranya, kesan orang tua murid tersebut menjadi wakil kesan kebanyakan orang tua lain pada umumnya.
TKIT Insan Kamil Kota Bima_Pentas seni perpisahan
Untuk prestasi, siswa-siswi Insan kamil telah mengoleksi banyak juara dan penghargaan. Yang paling menonjol dari semua ini adalah respon cepat dari pengelola untuk membantu mengembangkan bakat dan kemampuan anak. Bila ada lomba ini itu, maka rata-rata perwakilan Insan kamil sudah mendaftar sebagai peserta pertama.
Antar orang tua/wali muridpun sangat terlihat silaturahmi dan kebanggaan sekolah di Insan kamil ini. Setiap tahun selalu ada kegiatan family day yang dirangkai dengan peringan Tahun baru Hijriyah. Disini, para siswa dan orang tua berbaur bersama...
SDIT-TIKT Insan Kamil dengan al siswa berprestasinya
Sehingga tak heran bila Insan kamil selalu menjadi cita-cita sekolah bagi anaknya untuk orang tua di Kota Bima. besarnya animo itulah yang kemudian juga membuat jadwal penerimaan (pendaftaran dan seleksi) masuk Insan Kamil berbeda dengan sekolah lain. Insan kamil setiap tahun nya telah mulai menerima pendaftaran sejak bulan Februari. Biasanya dalam dua gelombang. Anak-anak yang mau masuk TK dengan akreditasi A inipun diseleksi dengan test psikologi. Sedangkan untuk masuk SD, harus sudah bisa membaca. Luar biasa Insan Kamil.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Arsip Blog

Twitter

Pengujung

Pengunjung

Flag Counter
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Cerita Ayah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template