Headlines News :

Home » , , » Foto Sunset

Foto Sunset

Written By Cerita Ayah on 29 Agu 2012 | 13.04



Memotret matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise) hampir semuanya dilakukan oleh seorang penggemar fotografi. Beruntunglah bila kita memiliki waktu dan kesempatan untuk mengulang foto sunset/sunrise tersebut. Dengan demikian kita akan terus belajar untuk terus menjadi lebih baik.
Dari Pengalamanku memotret sunset/sunrise ada beberapa yang ingin kutulis disini. Tentu saja yang pertama yang harus dipahami adalah konsep dasar fotografi (pengetahuan tentang ISO, f/Aperture dan Shutter Speed) menjadi hal penting. Setelah itu, insting dan kemampuan kita menangkap obyek yang dapat menghasilkan foto terbaik menjadi kunci selanjutnya.
Kembali ke foto sunset/sunrise.
Awalnya kita sering terpana oleh keindahan sunset dan cenderung panik untuk segera mengabadikannya. Maka scene ‘sunset’ otomat bawaan kamera menjadi  senjata andalan. Dengan scene otomat ini, rata-rata menghasilkan gambar yang lebih gelap dari keadaan sesungguhnya. Tapi bentuk matahari dan warnanya menjadi lebih pas untuk kategori sunset.
Bila ada waktu untuk mengulang, maka mulailah lebih tenang, atur mode M-manual. Seiring dengan berjalannya waktu, untuk mendapatkan gambar yang lebih terang bisa diatur pada ISO maupun SS dan f-nya. Sehingga hasil foto akan tetap terkontrol.
Berikutnya, mengatur mode White balance yang sesuai pada kamera akan memaksimalkan hasil foto sunset kita dibanding mode auto.
Sunset
Selain umum, bila ingin memotret sunset tentu saja sepanjang jalan ke sana kita akan berdoa semoga cuaca bersahabat, sesuai keinginan. Jika ternyata mendung, jangan keburu kecewa. Ambil posisi dan manfaatkan setiap moment yang ada. Sunset juga tidak harus dengan posisi landscape/wide. Asal kita bisa membaca angle yang pas maka foto luar biasa bisa kita hasilkan.
Terakhir, jangan lewatkan moment setelah sunset lewat. Masa-masa ketika sunset lewat apalagi lampu sudah dinyalakan dan warna biru langit masih terlihat sangat bagus sebagai foto sunset/siluet.
Untuk siluet, bila itu sebuah pohon maka sebenarnya semua pohon bisa sebagai foreground sunset kita. Asal pohon tersebut mempunyai nilai ‘art’ pada hasil foto kita.
Selamat mencoba.....


Sunset di Ambalawi Wera

Usai Sunset lewat (ba'da maghrib)

Berawan....

Sunset bersama Awan tebal

Share this article :

1 komentar:

Arsip Blog

Twitter

Pengujung

Pengunjung

Flag Counter
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Cerita Ayah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template